-- CHIA IE SPREY ONLINE STORE --
Untuk Mempermudah Komunikasi Add PIN BBM 79d97589 Dan 75fe176e ONLINE STORE "KLIK DISINI" . Untuk Sementara Kami Hanya Melayani Pelanggan Di Pulau Bali dan Lombok Saja, FORMULIR BELANJA ..... "KLIK DISINI"__________________________________________________ )

Selasa, 09 April 2013

TOGA - Khasiat, Manfaat dan Penggunaan MURBEI - MORUS INDICA RUMPH Sebagai Obat Herbal.

Women and Mom, dari beberapa TOGA ada satu yang unik dan menarik yakni Murbei atau kita menamainya secara umum di Indonesia sebagai "Bebesaran"  (Latin: Morus) adalah sebuah genus yang terdiri dari 10–16 spesies pohon tertentu yang asli berasal dari daerah panas sedang dan subtropis di Asia, Afrika dan Amerika. Mayoritas spesies asli berasal dari Asia. Salah satunya yang terkenal adalah di desa Andaleh, kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, yang telah mencapai usia lebih dari 120 tahun.
DESKRIPSI.
Bebesaran tumbuh cukup cepat pada saat masih muda, namun kemudian tumbuh lambat dan tingginya jarang melebihi 10-15 m. Daun bebesaran merupakan daun sederhana berbentuk cuping dan menggergaji di bagian tepi. Buah murbei merupakan buah majemuk dengan panjang 2-3 cm, berwarna merah bila masih mudah dan ungu tua bila ranum, dan dapat dimakan.
Di Indonesia lebih banyak jenis Murbei/Arbei dengan nama latin Morus australis Poir, yang buahnya jauh lebih kecil tapi faedahnya tidak kalah dengan Murbei lainnya. Nama daerah: Kitau; Kerto; Babasaran; Bebesaran; Murbei; Lampaung; Mempaung. Habitat: Tumbuh liar di hutan dan ditanam di halaman atau di kebun. Bagian tanaman yang digunakan: Daun ; Akar ; Cabang ; Buah.
Bebesaran terutama terkenal karena dedaunannya digunakan sebagai makanan ulat sutra. Selain itu, andalas (Morus macroura), salah satu spesies bebesaran, sering digunakan kayunya untuk lantai rumah atau mebel karena kuat dan keras.
Murbei terutama terkenal karena dedaunannya digunakan sebagai makanan ulat sutra. Selain itu, murbei/bebesaran atau andalas (Morus macroura), salah satu spesies murbei sering digunakan kayunya untuk lantai rumah atau mebel karena kuat dan keras.
Kandungan Kimia
Karoten; Adenin; Kolin; Amilase; Minyak lemak; Vitamin C; Vitamin A; Vitamin B1; Kalsium; Fosfor; Maklurin; Rutin; Morin; Ergosterol, ecdysterone, inokosterone, lupeol, beta-siterol, moracetin, isoquesetin, scopolin, scopoletin, alfa, beta-hexenal, eugenol, linalool, benzyl alkohol, butylamine, acetone, trigolline, choline, adenin, asam amino, copper, zinc, vitamin (A, B1, C dan karoten), asam klorogenik, asam fumarat, asam folat,dan phytoestrogens.
Zhen Ou Yang dan rekan dari School of Biological and Environmental Engineering Jiangsu University, Zhenjiang, Cina menambahkan daun murbei juga mengandung flavon, alkaloid, polisakarida, sterol, minyak volatil, asam amino, vitamin dan senyawa mikro lainnya yang memiliki aktivitas farmakologi. Seperti flavon yang merupakan antioksidan berperan dalam menghambat oksidasi xantin menjadi asam urat.
MANFAAT
Bebesaran atau murbei tak hanya bermanfaat bagi pertumbuhan ulat sutera tetapi dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah alias anti diabetes. Endang Sri Sunarsih dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang, bersama rekan di sekolah tinggi ilmu farmasi, Semarang, Jawa Tengah membuktikan secara praklinis.
Pemberian insulin serta daun murbei menurunkan kadar glukosa dalam darah. Endang menduga penurunan kadar glukosa pada darah yang dilakukan nya pada hewan percobaan, karena daun murbei mengandung senyawa yang bersifat seperti insulin.
Manfaat daun murbei sebagai antidiabetes juga di buktikan oleh hasil riset National Institute of Agrobiological Science, Jepang. Penelitian itu menunjukan aktifitas senyawa Acarbose dan murbei mampu menghambat kinerja alfaglukosidae dan mengintervensi proses hidrolisis, yang kedua nya merupakan penyebab diabetes.
Acarbose pada daun murbei juga menghambat penyerapan glukosa berlebih dan gula yang masuk dalam tubuh diperoses sacara lambat. Dengan begitu gula darah dalam tubuh tidak meningkat dan terhindar dari diabetes.
Mengkonsumsi daun herbal dalam bentuk ekstrak dapat menghilangkan rasa tidak enak yang ditimbulkan oleh herbal. Selain itu juga dapat memperpanjang masa konsumsi. Menurut Yana Sunoto, herbalis di Tangerang Selatan, Provinsi Banten, mengkonsumsi herbal dalam bentuk cairan proses penyerapan nya dalam tubuh lebih cepat. Dengan begitu peminumnyapun dapat cepat merasakan manfaat daun kerabat nangka itu.
Arbei - Morus Australis poir [Banyak di Indonesia]
Khasiat: Antipiretik; Antitusif; Diuretik; Anti flogestik; Analgesik
Selain manfaat diatas, ternyata daun murbei juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. 
Berikut  beberapa mafaat daun murbei:
  • Detoksifikasi atau membuang racun dalam tubuh
  • Menjaga kesehatan ginjal
  • Mampu meredakan sakit kepala
  • Mengatasi insomnia
  • Membantu meringankan kencing manis / diabetes
  • Mengatasi keputihan pada wanita
  • Menetralisir racun akibat salah makan ataupun narkoba
  • Membantu meredakan asam urat
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
  • Membantu mencegah dan menyembuhkan osteoporosis
Resep Tradisional:
Hepatitis; kurang darah dan tekanan darah tinggi:Buah besaran 7-10 g; Air matang secukupnya, Dibuat jus, Diminum sehari 1 kali; diulang selama 14 hari. 
Radang persendiaan dan nyeri pinggang:
Ranting dan daun besaran 10 g; Air 110 ml, Diseduh, Diminum sehari 1 kali pada pagi hari, 100 ml.
Cara membuat ramuan daun murbei untuk diabetes :
Di kalangan herbalis resep obat daun murbei bukan lah herbal asing. Wahyu Suprapto, herbalis di Malang, Jawa Timur, misalnya, memanfaatkan daun murbei sebagai anti diabetes. Ia meresepkan daun murbei secara kombinasi dengan cara mencampur dengan biji jamblang Syzygium cumini, daun bungurLagerstroemia specioca, meniran Phyllantus niruri, dan sambiloto Andrographis paniculata.
Banyaknya komposisi bahan tergantung penyakit diabetesnya. Jika karena faktor genetik perbandingan antara biji jamblang, dan daun bungur, dan murbei, meniran, dan samiloto adallah 30: 40: 20: 20: 20 (gram). Namun, jika penyebabnya pola makan, maka perbandingannya 40: 30: 20: 20: 20 (gram). Daun mampu membersihkan ginjal dan memperbaiki fungsi ginjal dan indikasi nya diawali dengan berkemih.

Women and Mom, dengan banyak jenis dari murbei/arbei/bebesaran, akan tetapi manfaat daun, buah dan rantingnya tidak kalah baiknya, semoga bermanfaat.

Reaksi: