-- CHIA IE SPREY ONLINE STORE --
Untuk Mempermudah Komunikasi Add PIN BBM 79d97589 Dan 75fe176e ONLINE STORE "KLIK DISINI" . Untuk Sementara Kami Hanya Melayani Pelanggan Di Pulau Bali dan Lombok Saja, FORMULIR BELANJA ..... "KLIK DISINI"__________________________________________________ )

Senin, 04 Maret 2013

TOGA - Khasiat, Manfaat dan Penggunaan DAUN PACAR CINA - AGLAIA ORDOROTA LOUR - MI ZI LAN - CHINESE RICE FLOWER Sebagai Obat Herbal.

Women and Mom... Tahukah Pohon/Daun Pacar Cina ?  Pacar Cina, atau culan, atau pacar culan, atau  kemuning cina, atau bhangear cina adalah tanaman perdu dari famili Meliaceae dengan nama latin Aglaia odorata Lour, yang sering disamakan dengan kemuning (Muraya paniculata). Tanaman ini diperkirakan merupakan tanaman asli Asia Tenggara.
DESKRIPSI.
Tanaman ini dapat tumbuh setinggi 2m - 6m dengan banyak cabang, sering ditanam di kebun dan pekarangan atau tumbuh liar di ladang-ladang yang cukup mendapat sinar matahari. Memiliki daun majemuk menyirip ganjil yang tumbuh berseling panjang sekitar 13 cm dengan 3-9 helai anak daun bertangkai pendek, permukaan licin mengkilap terutama pada daun muda. Bunganya rapat, panjang 5cm - 6 cm berwarna kuning dan berbau harum, sedangkan buahnya bulat lonjong, merah, dengan 1-3 biji. Tumbuhan ini tersebar di Cina, Vietnam, Kamboja, Thailand, Maluku, India, Sri Langka, Malaysia, Sumatera, dan Jawa.  Untuk memperbanyak, dapat digunakan cangkokan. Pacar Cina banyak tumbuh di bawah 300m di atas permukaan laut, dan di Jawa tumbuhan ini berbunga sepanjang tahun. 
Nama Lokal :
Culan (Sunda). pacar culam (Jawa).; Pacar cina, culan (Sumatera). Mi zi lan (China),
Inggris: Chinese Rice Flower, Chinese Perfume Tree


Komposisi :
SIFAT KIMIAWI DAN EFEK FARMAKOLOGIS : Pacar cina bersifat pedas, manis, netral, masuk meridian paru, lambung, dan hati. KANDUNGAN KIMIA : Daun pacar cina mengandung minyak asiri, alkaloid, damar, garam mineral, dan tanin.
MANFAAT.
Pacar cina berkhasiat menyembuhkan perut kembung, sukar menelan, batuk, bisul dan mempercepat persalinan karena mengandung minyak atsiri, alkaloid, serta garam-garam mineral. Pacar cina juga terbukti dapat menekan penyakit bengkak akar yang disebabkan oleh Meloidogyne spp. pada tanaman tomat. Bunga keringnya dapat digunakan sebagai bahan penambah aroma teh hijau.
Penyakit Yang Dapat Diobati :
Perut kembung, batuk, pusing, mempercepat persalinan, memar,; Bisul, darah haid banyak, bau badan, diare, sukar menelan.;
BAGIAN YANG DIGUNAKAN : Bunga, daun, batang, dan ranting.
INDIKASI :
Bunga berkhasiat untuk
- perut kembung,
- sukar menelan, batuk, pusing, dan
- mempercepat persalinan.
Daun berkhasiat untuk
- memar, bisul, darah haid banyak, bau badan, dan diare.
CARA PEMAKAIAN :
Daun, bunga, atau ranting sebanyak 5-15 g direbus, lalu diminum. Untuk pemakaian luar, batang, ranting atau daun digiling halus lalu dibubuhkan ke tempat yang sakit.
CONTOH PEMAKAIAN :
1. Darah haid banyak :
Daun pacar cina segar sebanyak 1 genggam penuh dicuci bersih
lalu direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah
dingin disaring dan diminum. Sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.
2. Bau badan :
Daun pacar cina segar sebanyak 10 g dan daun sirih segar
sebanyak 7 lembar dicuci lalu direbus dengan 2 gelas air bersih
sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring. Kemudian minum
sehari 2 kali, pagi dan sore, masing-masing 1/2 gelas.
CATATAN : Perempuan hamil dilarang minum.


Demikian Women and Mom... tambahan sharing informasinya, mudah-mudahan bermanfaat.

REFRENSI :

Reaksi:

4 komentar:

Mksdnya kemuning=pacar cina ya bang

Mksdnya kemuning=pacar cina ya bang

Mksdnya kemuning=pacar cina ya bang

Posting Komentar