-- CHIA IE SPREY ONLINE STORE --
Untuk Mempermudah Komunikasi Add PIN BBM 79d97589 Dan 75fe176e ONLINE STORE "KLIK DISINI" . Untuk Sementara Kami Hanya Melayani Pelanggan Di Pulau Bali dan Lombok Saja, FORMULIR BELANJA ..... "KLIK DISINI"__________________________________________________ )

Minggu, 07 Juli 2013

TOGA - Khasiat, Manfaat dan Penggunaan DAUN SIRIH - BETELs LEAF Sebagai Obat Herbal.

Women and Mommy, kali ini saya coba share tentang tumbuhan yang banyak disekita kita dan bermanfaat sebagai obat, yakni daun sirih. Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sebagai budaya daun dan buahnya biasa dimakan dengan cara mengunyah bersama gambir, pinang dan kapur. Namun mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan (penyebab kanker dan tumor ganas).

Sirih digunakan sebagai tanaman obat (fitofarmaka); sangat berperan dalam kehidupan dan berbagai upacara adat rumpun Melayu. Tanaman merambat ini bisa mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna coklat kehijauan,berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Panjangnya sekitar 5 - 8 cm dan lebar 2 - 5 cm. Bunganya majemuk berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung ± 1 mm berbentuk bulat panjang. Pada bulir jantan panjangnya sekitar 1,5 - 3 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek sedang pada bulir betina panjangnya sekitar 1,5 - 6 cm dimana terdapat kepala putik tiga sampai lima buah berwarna putih dan hijau kekuningan. Buahnya buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan. Akarnya tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan.

KANDUNGAN DAN MANFAAT.
Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan. Biasanya untuk obat hidung berdarah, dipakai 2 lembar daun segar Piper betle, dicuci, digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung. Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap.
Kegunaan :
  • Batuk
  • Sariawan
  • Bronchitis
  • Jerawat
  • Keputihan
  • Sakit gigi karena berlubang
  • Demam berdarah
  • Bau mulut
  • Haid tidak teratur
  • Asma
  • Radang tenggorokan (daun dan minyaknya)
  • Gusi bengkak (getahnya)
  • Membersihkan Mata
  • Bau ketiak
Pemakaian luar :
  • Eksim
  • Luka bakar
  • Koreng (pyodermi)
  • Kurap kaki
  • Bisul
  • Mimisan
  • Sakit mata
  • Perdarahan gusi
  • Mengurangi produksi ASI yang berlebihan
  • Menghilangkan gatal

CARA MEMANFAATKAN DAUN SIRIH SEBAGAI OBAT.
1. BATUK
Batuk, flu, ashma, dan lain sebagainya memang tak kenal umur, dapat menyerang siapa saja entah itu anak - anak atau orang tua. Jika Anda mengalami masalah tersebut sebaiknya tanamlah daun sirih karena sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi gangguan pernafasan.
Siapkan 15 lembar daun sirih dan tiga gelas air. Cuci bersih daun tersebut dan rebus sampai tersisa menjadi tiga perempat bagian. Minum bersama madu.
2. BRONKITIS
Rebus tujuh lembar daun sirih yang telah dicuci bersih bersama sepotong gula batu dalam dua gelas air bersih. Tunggu sampai tersisa menjadi satu gelas. Minum tiga kali sehari masing-masing sepertiga gelas.
3. BAU BADAN
Ambil lima lembar daun sirih dan rebus dengan dua gelas air. Tunggu sampai tersisa menjadi satu gelas. Minum di siang hari.
4. LUKA BAKAR
Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih. Peras airnya dan tambahkan sedikit madu. Bubuhkan ke tempat luka bakar.
5. MIMISAN
Siapkan satu lembar daun sirih yang agak muda, kemudian memarkan dan gulung. Gunakan untuk menyumbat hidung yang berdarah.
6. BISUL
Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih. Setelah itu giling sampai halus dan dioleskan pada bisul dan sekelilingnya. Balut dan ganti dua kali sehari.
7. MATA GATAL DAN MERAH
Sediakan 5-6 daun sirih muda dan segar rebus dengan segelas air sampai mendidih. Tunggu sampai dingin dan gunakan untuk mencuci mata dengan gelas cuci mata tiga kali sehari sampai sembuh.
8. KORENG DAN GATAL-GATAL
Rebus 20 lembar daun sirih sampai mendidih. Gunakan air rebusan yang masih hangat untuk membasuh koreng dan gatal.
9. GUSI BERDARAH
Rebus empat lembar daun sirih dalam dua gelas air. Gunakan untuk berkumur.
10. SARIAWAN
Ambil 1-2 lembar daun sirih kemudian cuci bersih. Kunyah sampai lumat dan buang ampasnya setelah selesai.
11. BAU MULUT
Siapkan 2-4 lembar daun sirih, cuci bersih dan remas. Seduh dengan air panas lalu gunakan untuk berkumur.
12. JERAWAT
Ambil 7-10 lembar daun sirih, cuci bersih dan tumbuk halus. Seduh dengan dua gelas air panas. Gunakan air tersebut untuk mencuci muka. Lakukan 2-3 kali sehari.
13. KEPUTIHAN
Rebus 10 daun sirih yang telah dicuci bersih dalam 2,5 liter air. Gunakan air rebusan yang masih hangat tersebut untuk mencuci vagina.
14. ASI BERLEBIH
Ambil beberapa daun sirih, cuci bersih dan olesi dengan minyak kelapa. Kemudian hangatkan di atas api sampai layu. Tempelkan di seputar payudara yang bengkak selagi masih hangat.
15.MELANCARKAN BUANG AIR KECIL
Daun sirih bersifat diuretik yang dapat melancarkan buang air kecil. Buatlah jus dari daun sirih yang dicampur dengan susu dan madu maka khasiat daun sirih akan semakin bagus untuk kesehatan.
16.LEMAH SYARAF
 Jika Anda pernah mengalami keluhan seperti mati rasa, tangan tidak bisa digerakkan, atau hal - hal lain yang berkaitan dengan sensor indera perasa sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter spesialis syaraf. Kemungkinan besar Anda mengalami masalah kelemahan syaraf. Untunglah ada daun sirih, yang dapat diandalakan untuk mengatasi masalah ini, caranya dengan minum jus dari beberapa lembar daun sirih dicampur dengan satu sendok madu, diminum sehari dua kali.
17.SAKIT KEPALA
Daun sirih memiliki sifat analgesik dan mendinginkan, sifat inilah yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sakit kepala atau migrain.
18.SEMBELIT (SULIT BUANG AIR BESAR)
 Daun sirih yang dicelupkan ke dalam minyak jarak dan dimasukkan kedalam lubang dubur dapat mengurangi sembelit.
19. SAKIT TENGGOROKAN
Lagi - lagi manfaat madu juga berperan dalam meningkatkan khasiat daun sirih sebagai tanaman obat. Ya, jika ingin meredakan sakit tenggorokan tambahkan madu saat mengkonsumsi daun sirih.
20.MEREDAKAN RADANG
Arthritis dan orchitis merupakan salah satu radang yang dapat disembuhkan oleh daun sirih.

Baiklah Women And Mommy, Itulah Manfaat Daun Sirih yang menakjubkan dan gratis karena mudah di dapat. Jika tidak punya tanamannya sendiri dirumah, bisa meminta ditetangga pasti akan diberi. Sebenarnya masih banyak lagi khasiat yang dapat kita ambil dari daun sirih. Untuk sementara waktu hanya ini yang dapat saya sampaikan, semoga berfaedah dan bermanfaat.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar