-- CHIA IE SPREY ONLINE STORE --
Untuk Mempermudah Komunikasi Add PIN BBM 79d97589 Dan 75fe176e ONLINE STORE "KLIK DISINI" . Untuk Sementara Kami Hanya Melayani Pelanggan Di Pulau Bali dan Lombok Saja, FORMULIR BELANJA ..... "KLIK DISINI"__________________________________________________ )

Sabtu, 23 Maret 2013

TOGA - Khasiat, Manfaat dan Penggunaan PEPAYA - CARICA PAPAYA L Sebagai Obat Herbal.

Women And Mom... Siapa yang tak kenal Pohon Pepaya ? Pasti sudah sangat familiar di mata dan telinga serta lidah kita, bayangkan dengan pengetahuan awam saja kita sudah tahu lezatnya Buah Pepaya dan Gurihnya Lalapan daun Pepaya, tapi disini saya coba membagi informasi lebih dari sekedar Lezat dan Gurihnya Pepaya.
Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. C. papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, "papaja", yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, "papaya". Dalam bahasa Jawa pepaya disebut "katès" dan dalam bahasa Sunda "gedang".
Berkas:Carica papaya - papaya - var-tropical dwarf papaya - desc-fruit
DESKRIPSI ;
Pohon pepaya umumnya tidak bercabang atau bercabang sedikit, tumbuh hingga setinggi 5-10 m dengan daun-daunan yang membentuk serupa spiral pada batang pohon bagian atas. Daunnya menyirip lima dengan tangkai yang panjang dan berlubang di bagian tengah. Bentuknya dapat bercangap ataupun tidak. Pepaya kultivar biasanya bercangap dalam. Pepaya adalah monodioecious' (berumah tunggal sekaligus berumah dua) dengan tiga kelamin: tumbuhan jantan, betina, dan banci (hermafrodit). Tumbuhan jantan dikenal sebagai "pepaya gantung", yang walaupun jantan kadang-kadang dapat menghasilkan buah pula secara "partenogenesis". Buah ini mandul (tidak menghasilkan biji subur), dan dijadikan bahan obat tradisional. Bunga pepaya memiliki mahkota bunga berwarna kuning pucat dengan tangkai atau duduk pada batang. Bunga jantan pada tumbuhan jantan tumbuh pada tangkai panjang. Bunga biasanya ditemukan pada daerah sekitar pucuk. Bentuk buah bulat hingga memanjang, dengan ujung biasanya meruncing. Warna buah ketika muda hijau gelap, dan setelah masak hijau muda hingga kuning. Bentuk buah membulat bila berasal dari tanaman betina dan memanjang (oval) bila dihasilkan tanaman banci. Tanaman banci lebih disukai dalam budidaya karena dapat menghasilkan buah lebih banyak dan buahnya lebih besar. Daging buah berasal dari karpela yang menebal, berwarna kuning hingga merah, tergantung varietasnya. Bagian tengah buah berongga. Biji-biji berwarna hitam atau kehitaman dan terbungkus semacam lapisan berlendir (pulp) untuk mencegahnya dari kekeringan. Dalam budidaya, biji-biji untuk ditanam kembali diambil dari bagian tengah buah.
Kelamin jantan pepaya ditentukan oleh suatu kromosom Y-primitif, yang 10% dari keseluruhan panjangnya tidak mengalami rekombinasi.  Suatu penanda genetik RAPD juga telah ditemukan untuk membedakan pepaya berkelamin betina dari pepaya jantan atau banci. Secara Kelamin, pepaya terbagi menjadi :
  1. Pepaya Berkelamin JANTAN, biasanya disebut "pepaya gantung" karena bunga pada pepaya jenis ini bergantungan pada batang pohonnya. Pohon pepaya jenis ini jarang berbuah dan jenis inilah yang daun dan bunganya banyak digunakan sebagai obat herbal terutama sebagai penghambat pertumbuhan sel-sel kanker.
  2. Pepaya Berkelamin BETINA,  Jenis ini umum dan pasti sudah sering ditemui dan berbuah manis serta daun yang lebat.
  3. Pepaya Berkelamin GANDA atau HERMAPRODIT, jenis pepaya ini adalah yang paling unggul karena buahnya manis sekali, dan tebal.
Kultivar pepaya bermacam-macam karena berbeda-beda pemanfaatan dan selera konsumen.
Pepaya bangkok
Pepaya bangkok diintroduksi dari Thailand. Permukaan buahnya tidak rata dan kulit luarnya relatif tipis, sehingga sulit dikupas. Kelebihannya, dagingnya manis dan berair. Buahnya berukuran besar.
Pepaya Solo F1
Ini adalah pepaya kultivar hibrida unggul dari Hawaii. Buahnya kecil-kecil dan disukai oleh konsumen barat.
Selain itu terdapat pula pepaya hias yang warna daun atau tangkai daunnya ungu. Pepaya ini ditanam lebih untuk penampilannya dalam memperindah taman. Didataran Tinggi Dieng dikenal produk mirip pepaya yang dikemas dan disebut "carica". Jenis ini menyukai daerah dingin untuk produksi buah secara optimal.
MANFAAT dan KEGUNAAN ;
Buah pepaya dimakan dagingnya, baik ketika muda maupun masak. Daging buah muda dimasak sebagai sayuran. Daging buah masak dimakan segar atau sebagai campuran koktail buah. Pepaya dimanfaatkan pula daunnya sebagai sayuran dan pelunak daging. Daun pepaya muda dimakan sebagai lalap (setelah dilayukan dengan air panas) atau dijadikan pembungkus buntil. Oleh orang Manado, bunga pepaya yang diurap menjadi sayuran yang biasa dimakan. Getah pepaya (dapat ditemukan dibatang, daun, dan buah) mengandung enzim papain, semacam protease, yang dapat melunakkan daging dan mengubah konformasi protein lainnya. Papain telah diproduksi secara massal dan menjadi komoditas dagang. Daun pepaya juga berkhasiat obat dan perasannya digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menambah nafsu makan. Secara detail manfaat Pepaya sebagai berikut :
1.Pelembut daging.
Para ibu rumah tangga mungkin sudah tidak asing lagi dengan khasiat daun pepaya untuk melunakkan daging. Kandungan getah (lateks) dalam daun yang akan meresap ke dalam daging dan melunakkannya. Caranya, masukkan daun pepaya dalam rebusan daging, atau bungkus daging dalam daun pepaya ketika direbus.
2. Menambah nafsu makan.
Tak sulit membuat ramuan penambah nafsu makan ini, siapkan daun pepaya segar seukuran telapak tangan, sedikit garam, dan air hangat setengah cangkir. Semua bahan dicampur, ditumbuk atau diblender, kemudian disaring untuk diambil airnya kemudian diminum. Ramuan ini aman, bahkan untuk anak-anak sekalipun.
3. Antikanker. 
Dari beberapa penelitian dijelaskan, batang dan daun pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex), yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker, sebagaimana dikutip dari Journal Society of Biology. Getah ini otomatis didapatkan saat kita mengkonsumsi daun pepaya, dimasak dengan cara apa pun. Peneliti bernama Nam Dang dari Universitas Florida mempublikasikan temuannya mengenai manfaat ekstrak daun pepaya untuk melawan kanker serviks, payudara, liver, paru, dan pankreas. Para peneliti menggunakan ekstrak daun pepaya yang sudah kering dan dimanfaatkan sebagai teh daun pepaya.  Khasiat Daun Pepaya, Dalam riset yang dilakukan Dang diketahui, ekstrak daun pepaya akan menghasilkan molekul yang disebut Th1 tipe sitokin yang membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini akan mendukung terapi yang memanfaatkan sistem imun untuk melawan kanker. Para ahli mengatakan, ekstrak pepaya tidak memiliki efek toksik pada sel normal sehingga lebih aman daripada terapi kanker pada umumnya. Dalam penelitiannya, 10 tipe kultur sel kanker dipajan dengan ekstrak daun pepaya untuk kemudian diamati selama 24 jam. Ternyata, pepaya memperlambat pertumbuhan sel tumor pada semua jenis tipe kanker.
4. Memperlancar pencernaan. 
Senyawa karpain yang dikandung daun pepaya ampuh menghambat kinerja beberapa mikroorganisme yang menggangu fungsi pencernaan, sehingga efektif untuk menekan penyebab tifus.
5. Pengontrol tekanan darah. 
Caranya, ambil 5 lembar daun pepaya, rebus dengan setengah liter air. Rebus terus hingga tinggal tiga perempatnya. Dinginkan sebelum diminum. Jika perlu, tambahkan gula merah atau madu agar terasa lebih manis.
6. Obat demam berdarah.
Campur 5 lembar daun pepaya, temulawak, meniran secukupnya, dan gula merah. Rebus hingga masak, kemudian dinginkan sebelum diminum.
7. Obat nyeri haid.
Ambil 1 lembar daun pepaya, asam jawa dan garam secukupnya. Rebus dengan segelas air hingga masak. Dinginkan sebelum diminum.
8. Obat Ginjal dan Usus.
BIJI dari buah pepaya dapat mencegah virus/bakteri E. COLI, SAMONELLA, INFEKSI STAPH ...(1) dan PENYAKIT GINJAL. Ekstrak dari BIJI PEPAYA dapat membantu proses DETOKSIFIKASI pada hati dan menyingkirkan parasit pada usus.

Note : Infeksi Staph (1)
Infeksi staph disebabkan oleh bakteri staphylococcus, sejenis kuman yang umum ditemukan pada kulit atau di hidung bahkan pada individu yang sehat. Bakteri ini tidak menyebabkan masalah serius dan hanya mengakibatkan infeksi kulit yang relatif kecil. 
Infeksi Staph - Infeksi Kulit
Tetapi jika bakteri menyerang lebih dalam ke tubuh Anda, memasuki aliran darah, sendi, tulang, paru-paru atau jantung dapat menyebabkan kematian.

PEPAYA dan KECANTIKAN :
Untuk mendapatkan kecantikan alami, anda tidak harus menggunakan produk kecantikan atau kosmetik yang mahal. Anda dapat memanfaatkan makanan sehari-hari seperti buah pepaya untuk mendapatkan kecantikan alami. Salah satu khasiat buah pepaya adalah untuk mencerahkan kulit secara alami.
Selain dipercaya untuk membantu pencernaan, pepaya juga berkhasiat untuk kecantikan kulit. Pepaya kaya akan vitamin A, C, B kompleks dan Vitamin E. Bahkan kadar vitamin C adalah 48 kali lebih banyak dibandingkan apel.
Berikut ini tips kecantikan mengenai manfaat buah pepaya bagi kecantikan kulit.
1. Jerawat
Pepaya tidak hanya membuat kulit tampak cerah dan sehat, tapi bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. biasakan gunakan masker pepaya 3 kali seminggu untuk mencegah jerawat.Untuk membuat masker pepaya, hancurkan pepaya matang, tambahkan 1 sdt madu pakaikan sebagai masker. biarkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air hangat. ATAU  ambil 2-3 lembar daun pepaya tua. Jemur sebentar kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu, tambahkan satu setengah sendok air. Lalu oleskan ramuan tersebut pada bagian wajah yang terkena jerawat seperti memakai masker. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih.
2. Keriput dan noda penuaan.
pepaya sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit, karena membantu dalam melawan radikal bebas dalam tubuh yang mencegah terjadinya penuaan dini, keriput dan masalah kulit lainnya. Ambil sepotong pepaya, hancurkan lalu pijat dengan lembut pada wajah dan leher selama 5-7 menit. Biarkan selama 10 menit dan bilas wajah anda dengan air hangat.
3. lulur pepaya
hancurkan pepaya, campurkan dengan garam spa, juga dapat dicampur madu dan minyak zaitun. Sebelum dilulurkan, pijat dahulu agar pori-pori kulit terbuka.

Selain itu, rajinlah konsumsi buah pepaya karena pepaya kaya akan nutrisi dan vitamin yang membantu kulit menjadi cerah dan sehat. Pepaya juga bermanfaat sebagai pelembab alami untuk kulit dan membantu dalam meregenarasi kulit baru. Mulai sekarang anda dapat memiliki kulit cerah dan sehat hanya menggunakan pepaya dalam rutinitas kecantikan anda

Demikian Women and Mom... selamat menikmati segarnya buah pepaya, semoga bermanfaat.
Web Refrensi/Source :

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar