-- CHIA IE SPREY ONLINE STORE --
Untuk Mempermudah Komunikasi Add PIN BBM 79d97589 Dan 75fe176e ONLINE STORE "KLIK DISINI" . Untuk Sementara Kami Hanya Melayani Pelanggan Di Pulau Bali dan Lombok Saja, FORMULIR BELANJA ..... "KLIK DISINI"__________________________________________________ )

Selasa, 26 Februari 2013

TOGA - Khasiat, Manfaat dan Penggunaan BUAH dan DAUN BELIMBING-Averrhoa Carambola Sebagai Obat Herbal.

Women and Mom... Siapa yang tak kenal buah Belimbing ? Belimbing merupakan buah yang bisa dengan mudah didapat, harganya juga terjangkau. Sehingga belimbing bisa dikonsumsi oleh seluruh lapisan masyarakat. Belimbing adalah tumbuhan penghasil buah berbentuk khas yang berasal dari Indonesia, India, dan Sri Langka. Saat ini, belimbing telah tersebar ke penjuru Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga, dan Polinesia. Usaha penanaman secara komersial dilakukan di Amerika Serikat, yaitu di Florida Selatan dan Hawaii. Di Indonesia, buah ini menjadi ikon kota Depok, Jawa Barat, sejak tahun 2007.
Deskripsi.
Pohon ini memiliki daun majemuk yang panjangnya dapat mencapai 50 cm, bunga berwarna merah muda yang umumnya muncul di ujung dahan. Pohon ini bercabang banyak dan dapat tumbuh hingga mencapai 5 m. Tidak seperi tanaman tropis lainnya, pohon belimbing tidak memerlukan banyak sinar matahari. Penyebaran pohon belimbing sangat luas, karena benihnya disebarkan oleh lebah.
Buah belimbing berwarna kuning kehijauan. Saat baru tumbuh, buahnya berwarna hijau. Jika dipotong, buah ini mempunyai penampang yang berbentuk bintang. Berbiji kecil dan berwarna coklat. Buah ini renyah saat dimakan, rasanya manis dan sedikit asam. Buah ini mengandung banyak vitamin C.
Salah satu jenis dari belimbing, yang disebut belimbing wuluh, sering digunakan untuk bumbu masakan, terutama untuk memberi rasa asam pada masakan.
Salah satu wilayah yang terkenal akan produksi belimbing adalah Demak, Jawa Tengah. Belimbing Demak terkenal berukuran besar, warnaya kuning cerah dan rasanya manis.
Kegunaan, Khasiat dan Manfaat.
Buah ini memiliki banyak sari (air), sehingga memungkinkan untuk dibuat wine buah. Di Myanmar, belimbing digunakan untuk membuat acar teh.buah Belimbing Manis berwarna kuning kehijauan ketika masih muda dan berwarna kuning kemerahan kalau sudah tua, berbiji kecil berwarna coklat, rasanya manis dengan sedikit asam dan banyak mengandung air.

Belimbing Manis memiliki banyak manfaat sebagai obat tradisional atau obat alternatif. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah Belimbing Manis bermanfaat sebagai antioksidan yang berfungsi untuk memerangi radikal bebas dan mencegah penyebaran sel-sel kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah sariawan. Pektin yang terdapat dalam buah Belimbing Manis mampu mengikat kolesterol dan asam empedu dalam usus, kemudian membantu pengeluarannya sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan melancarkan pencernaan. Sedangkan kandungan Kalium yang tinggi dan Natrium yang rendah sangat memungkinkan Belimbing Manis dijadikan sebagai obat anti hipertensi.Selain buahnya yang memiliki banyak khasiat, pada bunga, daun, dan akarnya diyakini memiliki khasiat untuk obat anti malaria, maag, bisul, rematik dan lain-lain. Akar belimbing manis juga berkhasiat untuk menyembuhkan sakit kepala dan nyeri persendian. Sedangkan daunnya dapat digunakan untuk mengatasi radang lambung, radang kulit bernanah, dan bisul.
Berikut beberapa resep untuk menyembuhkan penyakit dengan bahan tanaman belimbing :
1. Hipertensi
Caranya:
a. Beberapa buah belimbing muda diparut lalu diminum air perasannya. Lakukan 2x sehari.
b. Segenggam daun belimbing manis dicuci bersih, ditumbuk, diperas, dan diambil airnya sebanyak 1 sdm. Campurkan perasan tersebut dengan 1 sdm air jeruk nipis dan ½ sdm madu. Lakukan 2x sehari.
2. Bisul
Caranya:
Beberapa helai daun belimbing segar dicuci bersih lalu ditumbuk sambil diberi air cucian beras. Tempelkan ramuan tersebut kebisul dan balut.
3. Rematik
Caranya:
Tumbuk akar pohon belimbing dengan sedikit kencur. Campurkan tepung beras secukupnya dan sedikit air ke ramuan tersebut. Tempelkan ke bagian tubuh yang sakit.
4. Melancarkan Air Seni
Caranya:
Segenggam daun belimbing manis dicuci bersih kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai tinggal setengah. Saring air rebusan, beri sedikit madu. Minum 2x sehari.
5. Malaria
Caranya:
Segenggam bunnga belimbing kering diseduh dengan segelas air mendidih. Saring dan minum 2x sehari.
6. Sakit Maag
Caranya:
10 helai daun belimbing, seujung jari kunyit, seujung jari temu kunci direbus dengan ½ gelas air mendidih. Setelah dingin minum 1x sehari.
7. Batuk Pada Anak-Anak
Caranya :
2 buah belimbing yang sudah masak dimakan 2x sehari. (bisa juga untuk menyembuhkan radang tenggorokan, Demam dan Kolesterol, caranya sama dengan untuk menyembuhkan batuk).

EFEK GANGGUAN PADA KESEHATAN
Pada penderita penyakit ginjal,dan penderita diabetes mengkonsumsi buah ini akan memperparah penyakitnya karena buah ini mempunyai kandungan Asam Oxalat dan kadar gula yang tinggi. Juga Selain itu, Belimbing Manis mengandung racun yang mempengaruhi otak dan syaraf dimana pada penderita penyakit ginjal, racun tersebut tidak dapat disaring dan dibuang sehingga akan memperparah keadaan ginjalnya.
Orang yang memiliki kolesterol tinggi atau penderita diabetes juga harus menghindari buah ini, karena kandungan gulanya yang tinggi.

Demikian Woman and Mom.... Sedikit sharing informasi bagi keluarga kita, mudah-mudahan bermanfaat.

REFFRENSI :

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar